Product News
Loading...

Wednesday 6 May 2015

Surya Kencana Pangeran Berkuda Penghuni Lembah


Gunung Gede di Jawabarat sudah pasti para pendaki tahu gunung ini, dan salah satu tempat terkenal di gunung ini adalah Surya Kencana.  Sejarah dan legenda yang merupakan kepercayaan masyarakat setempat yaitu tentang keberadaan Eyang Surya Kencana. 

Surya Kencana adalah putra dari Dalam Cikundul atau Rd. Aria Wira Tanu I, seorang pendiri Cianjur dan bupati pertama Cianjur, hasil dari pernikahan dengan putri Jin.

Masyarakat percaya bahwa Eyang Suryakencana yang notabane nya adalah bangsa Jin, masih bermukim disekitar gunung Gede dan menjadi penguasa bangsa Jin di gunung tersebut.  PAda saat tertentu, banyak orang khususnya penganut agama Sunda wiwitan masuk ke goa-goa sekitar Gunung Gede untuk bersemedi atau bertapa maupun melakukan upacara religius.

Beberapa para pendaki yang bermalam di Surya Kencana sering mendengar suara kuda yang sedang lewat di Surya Kencana, terutama pada malam jumaat. Tetapi hanya pendaki yang memang bisa atau peka terhadap dunia lain. Tidak jarang pendaki yang bisa melihat mahluk halus juga sering melihat penampakan Jin seperti kuntilanak, genderowo dan mata merah disekitaran tenda saat bermalam di surya Kencana.  Banyak pendaki yang sering mendengar suara kuda melintas dari alun-alun barat ke timur, banyak yang percaya bahwa suara kuda itu adalah pangeran Surya Kencana yang berkuda melewati lembah Surya Kencana.


0 komentar :

Back To Top