Product News
Loading...

Friday 29 May 2015

Sumbing Gunung Kembar di Dataran Dieng


Sudah banyak orang tau gunung sumbing adalah salah satu gunung kembar atau sejajar dengan gunung sindoro, gunung ini terletang di kabupaten wonosobo. Sumbing dan sindoro terkenal dengan sebutan dobel S ditambah dengan gunung Slamet yang berjarak 3 jam perjalanan dari wonosobo, sering kali ketiga gunung ini menjadi tujuan ekspedisi para penikmat alam untuk berambisi mendaki gunung tripel S yaitu Slamet Sumbing dan Sindoro.

Gunung sumbing yang berada di dataran dieng sering kali jadi tujuan wisata orang dari berbagai kota dipulau jawa, terutama dengan ladang tembakau yang sangat luas hingga hampir setengah ketinggian gunung.  Daerah ini menjadi salah satu pemasok terbesar tembakau untuk perusahaan rokok nasional yang banyak berbasis didaerah jawa timur.

Untuk mendaki gunung sumbing kita lumayan mudah untuk mengaksesnya karna gunung ini berada didataran dieng yang selalu ramai oleh wiasatawan sehingga alternative akses transportasi dari berbagai kota pun sangat banyak . untuk pendaki yang dari Jakarta kita bisa menggunakan bis jurausan Jakarta – Wonosobo yang akan berhenti di terminal Wonosobo dilanjutkan dengan bis kecil yang menuju semarang dan turun di dusun garung (kantor lurah).

Di dusun garung ada basecamp untuk para pendaki beristirahat dan melapor untuk kegiatan pendakian, dibasecamp ini juga tersedia para ojeg yang siap mengantar anda sampai pos 1, karna letak pos 1 masih bisa dijangkau dengan kendaraan.  Ya letak pos 1 jalur pendakian lama berada di batas ladang dengan hutan sehingga dapat dilalui motor bahkan mobil.  Sesampainya di pos 1 kita tinggal melanjutkan k epos selanjutkan.

Jarak antar pos di jalur pendakian lama lumayan dekat, namun dengan jalur yang lumayan terjal memang akan terasa lama jika tidak kita nikmati J tanjakan yang paling berat akan terasa pada pos ke 3lebih dari 1 jam kita akan melalui tanjakan yang lumayan menguras tenaga, sesampainya di pos 4 atau pestan banyak endaki yag memilih membuka tenda disini


 

0 komentar :

Back To Top