Product News
Loading...

Sunday 19 April 2015

Hari Bumi - Merusak Alam itu Korupsi!



Hari bumi, 22 April setiap tahunya para aktivis lingkungan selalu memperingati hari bumi sebagai kampenya untuk menjaga bumi dan lingkungan kita agar lebih kita jaga. Dengan diadakannya kampenya hari bumi setiap tahun para aktivis mengharapkan masyarakat dunia semakin peduli tentang yang terjadi pada planet ini, planet yang kita tinggali dan memberi kehidupan pada kita manusia.

Sejarah hari bumi pada tanggal 22 april pertama kali dicanangkan oleh senator Amerika Serikat, Goylord, pada tahun 1970. Dia seorang pengajar dibidang displin ilmu lingkungan hidup.  Tanggal ini sebenarnya bertepatan dengan waktu musim semi didaerah Horthern Hemisphere pada belaahan Bumi Utara dan waktu musim gugur pada belahan Bumi Selatan,

Di Indonesia, peringatan atau perayaan hari bumi sebenarnya belum banyak diketahui oleh kalangan masyarakat.  Hal ini berbanding tebalik dengan peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang selau diperingati setiap tanggal 5 juni.  Pada dasarnya memangtidak terdapat perbedaan antara hari Bumi dan hari Lingkungan hidup sedunia. Hal yang peling membedakan antara hari bumi dan hari lingkungan hidup sedunia hanya sejarahnya saja.

Tepepa (Teknik Pembangunan Pecinta Alam) sebagai kelompok pecinta alam yang turut aktif diberbagai kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan sepertinya sangat tahu cara memperingati hari Bumi yang akan diperingati tanggal 22 April setiap tahunnya, mereka para pelajar yang notaban para siswa di SMKN 26 Jakarta membuat kegiatan peringatan hari bumi dengan konsep seperti kirab budaya, namun barang atau sajian yang dikirab adalah tumpukan sampah.  Sebelum melakukan kirab sampah tersebut para pelajar di DKI yang digawangi Tepepa akan menanam pohon terlebih dahulu dilanjutkan aksi longmarch ke gedung KPK dikuningan sebagai bentuk dukungan anti korupsi dan kepedulian penjagaan lingkungan dan hutan yang ada di Indonesia.

Acara peringatan hari bumi yang akan diselenggarakan oleh Tepepa akan dihadiri banyak instasi dan lembaga seperti Pangadam Jaya, Pertamina, KPK dan diliput berbagai media nasional.  Kami Travellerbiasa yang suka menikmati alam Indonesia lewat jalan-jalan dan ekspedisi pun ikut mendukung aksi dan gerakan ini, Semoga lewat aksi ini masyarakat khususnya yang berkepentingan/bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan kota di Indonesia makin sadar dan peduli terhadap kebersihan, kehijauan dan kenyamanan lingkungan kita.

Jika kamu peduli dan ingin berpartisipasi dalam aksi kirab sampah bersama Tepepa silahkan hadiri acara ini yang akan diselenggarakan di lingkungan Banjir kanal timur Jakarta. Cari informasinya di website WWW.TEPEPA.ORG atau kunjungi laman Facebook Tepepa



0 komentar :

Back To Top