Product News
Loading...

Sunday 28 December 2014

Mendaki ke Gunung Gede Via Jalur Gunung Putri Cipanas

Mendaki ke Gunung Gede Via Jalur Gunung Putri Cipanas



Hampir setiap tahun dari 2011 gue rutin naik ke gunung gede, entah acara hiking bareng temen atau acara orgnisasi buat perekrutan anggota. Pertama kali naik gunung emang gunung gede yang pertama kali gue daki. Di gunung ini gue pertama kali belajar sabar naik gunung sampe berdiri diatas puncak, di gunung ini juga pertama kali gue ngadepin hujan diatas gunung.

Kalo dibilang gunung gede cocok buat para pemula gue setuju, karna gue sendiri merasakannya, tapi kalo dibilang gunung ini mudah buat dtaklukin. Itu salah besar, karna gak akan pernah kita mengalahkan gunung yang berdiri kokoh yang ada kita hanya mengalahkan rasa putus asa pada diri sendiri yang udah kelelahan saat mendaki gunung.

Kalo kita suka naik gunung dengan latar belakan masuk ke organisasi pecinta alam, pasti kita diajarkan dasar-dasar ilmu kepecintaalaman. Jadi soo gak akan terlalu jadi masalah kalo kita pertama kali naik gunung, tapi tetep kita harus mawas diri di gunung. Ini berlaku gak Cuma buat anak baru naik gunung tapi juga yang udah expert malang melintang di gunung bertahun-tahun pun harus mawas diri. Kenapa? Karna di gunung atau hutan gak ada yang tahu nasib kita sendiri kecuali kita mempersiapkan diri untuk selamat.

Jalur Gunung Putri Cipanas
Jalur ini yang pertama kali gue lewatin saat naik gunung, disini kita akan ketemu pemukiman atau desa penduduk yang cukup padet, banyak warung jadi gak perlu kita khawatir kelaperan yang harus di khawatirin cuma isi dompet. Hehe

Di jalur ini ada pos penjagaan yang biasa di sebut GPO. Dipos ini kita biasa di chek kelengkapan surat izin mendaki dari TNGP (simaksi) dan kelengkapan yang kita bawa.
Jalur gunung putri ini termasuk jalur yang terjal, kita bisa tempuh sekitar 4-6 jam sampe Surya kencana, di surya kencana kita bisa bermalem sambil nikmatin dinginnya angin lembah. Tapi terkadang kalo musim hujan tiba gak jarang sering ujan es batu di surya kencana. Ini pernah gue rasain pas lagi ngecamp disini.
Semaleman ngecamp di surya kencana gak lengkap rasanya kalo kita gak muncak di pagi hari nya, jalur pendakian ke puncak adanya di sebelah alun-alun barat surken atau pas di depan arah mulut gua.

Perjalanan ke puncak dari surken bisa di tempuh sekita 1-2 jam, cepet memang dan gue saranani kalo muncak sekalian pagi jangan lewat jam 9. Karna kalo lewat dari jam 9 yang kita temuin bisanya Cuma layar tancep, atau kabut putih tampa pemandangan, kan gak eksotis kalo kita cape naik ke puncak tapi ga ada pemandangan yang nya. Di puncak gede ada batu gede yang posisinya di bibir jurang kawah, batu ini mungkin udah ada dari jaman terakhir gunung gede meletus.

Puncak gede ada di 2985mdpl pas berhadapan sama puncak gunung pangrango, banyak pendaki yang sekalian melintasa dari gede ke pangrango atau sebaliknya. Terutama pendaki yang dari luar jawa barat. Mungkin karna nanggung mumpung di bogor jadi sekalian di daki dua-duanya.

Penghubung ke dua puncak ini adalah pos Kandang badak, posisinya ada diantara puncak Gede dan Pangrango. Masing masing dari puncak ke kandang badak itu sekitar 2-3 jam. Pos ini yang paling rame setelah surya kencana karna memang tampatnya yang strategis dan pos persimpangan antara Gede dan Pangrango. Konon Kandang badak sering di jadiin tempat rapat para dedemit yang ada di gunung itu buat kumpul kalo malem 1 sura. Kalo gak percaya coba aja bawa mbah dukun pas nanjak kesitu.


Bersambung...

Baca artikel travellerbiasa yang lainnya


Luangkan waktu 5 menit untuk share artikel ini

0 komentar :

Back To Top